Manfaat Sirsak, si tumbuhan obat multi penyakit

Manfaat Sirsak bisa didapatkan dari batang, daun hingga buah

Sirsak, ya buah yang tumbuh subur di Indonesia ini memiliki cirikhas buah yang besar dengan rasa asam-manis yang bisa bikin ketagihan siapapun yang mengkonsumsinya. Sirsak di beberapa daerah di Kenal dengan banyak istilah, seperti nangka belanda, boh lona, nangka buris dan sebagainya. Tanaman ini sudah ada di Indonesia sejak jaman kolonial, dibawa dari karibia oleh para penjajah belanda. Kata sirsak sendiri sebenarnya berasal dari bahasa belanda “zuurzak” yang memiliki arti kantung asam.

Selain rasa yang asam-manis, Pemerintah kolonial saat itu menanam sirsak untuk digunakan sebagai salah satu bahan obat. Buah sirsak tidak hanya baik untuk dikonsumsi, tapi daun dan pohonnya juga bisa dimanfaatkan untuk nutrisi tubuh. Kandungan yang ada pada buah ini yaitu karbohidrat, vitamin C, B1, dan B2. Buah sirsak tidak hanya mengandung vitamin, namun juga serat, mineral, fosfor, serta kalsium. Buah ini juga sudah teruji klinis untuk pengobatan tradisional. Tanaman sirsak dari batang, daun hingga buah ternyata memiliki kandungan yang jika di deskripsikan satu persatu manfaatnya, akan sangat banyak. Berikut ini adalah manfaat yang dimiliki oleh tanaman sirsak.

Manfaat Akar pohon Sirsak

Akar pohon sirsak telah di teliti oleh beberapa ahli kesehatan Dunia dan Indonesia memiliki khasiat sebagai penenang dan obat diabetes. Pemanfaatan akar pohon sirsak untuk obat penenang ini biasanya dilakukan dengan cara merebus kulit akar pohon yang telah dibersihkan, kemudian diminum.

Cara Mengolah Akar Pohon Sirsak Untuk Obat

  1. bersihkan kulit akar pohon sirsak dengan air
  2. potong-potong/cacah kasar kulit akar
  3. Rebus dua gelas air hingga tersisa satu gelas
  4. Setelah tersisa satu gelas, saring dan minum setelah dingin

Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan

Daun sirsak pun tak luput dari banyak manfaat didalamnya. Banyak penelitian dan pengujian medis yang dilakukan terhadap daun sirsak ini untuk mengetahui kasiat yang dimilikinya. Walau secara tradisional daun sirsak telah lama di manfaatkan sebagai obat turun demam, namun ternyata menurut penelitian yang terbaru, daun sirsak mampu membunuh sel kanker.

Cara Mengolah Daun Sirsak Untuk Obat

  1. Bersihkan 10 Lembar Daun Sirsak
  2. Rebus Tiga Gelas air hingga tersisa 1 gelas
  3. Singkirkan daun dan minum setelah dingin

Manfaat Buah Sirsak Untuk Kesehatan

Buahnya yang asam manis ini juga mengandung banyak manfaat, secara tradisional buah sirsak telah dimanfaatkan sebagai obat diare, obat maag dan pelancar asi. Hal tersebut karena kandungan annonaine dan asimilobine yang tinggi pada buah sirsak.

Begitu banyak manfaat yang dimiliki oleh buah ini mulai dari akar, batang, daun hingga buah yang bisa kita manfaatkan untuk kebutuhan kesehatan tubuh. Untuk mengetahui manfaat secara keseluruhan dari buah ini, silahkan download ebook manfaat buah sirsak melalui link yang kami sediakan dibawah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *