Bagaimana Memilih Type Rumah Sakit

Ukuran rumah sakit yang besar bukan jaminan anda mendapat pelayanan terbaik.

Sering mendapati kekecewaan ketika mendatangi sebuah fasilitas kesehatan? kekecewaan seperti ditolak akibat kurangnya tenaga medis atau perlengkapan pendukungnya, tidak adanya loket penerima pasien BPJS dan alasan lainnya? Tenang, anda tidak sendiri, masih banyak orang-orang yang juga mengalami hal yang serupa.

Kekecewaan yang dialami oleh sebagian besar orang ini dipicu oleh kurang pengetahuannya type-type fasilitas kesehatan atau rumah sakit. Banyak yang melihat sebuah rumah sakit hanya dari bentuk gedungnya yang besar, sehingga ketika mereka hendak mengkonsultasikan terkait permasalahan kesehatan, sering mendapatkan pelayanan yang tidak memuaskan dan berakhir seperti bola yang dihempas tak tentu arah.

Type-type rumah sakit ini sesungguhnya bisa menjadi acuan bagi semua pasien sebelum merujuk dirinya terkait permasalahan kesehatan, karena dari typenya saja kita bisa melihat terkait kelengkapan tenaga medis hingga ke pelayanan yang diberikan. Di Indonesia, type-type rumah sakit dan fasilitas kesehatan tergolong kedalam 5 kategori besar, sebagai berikut.

Fasilitas Kesehatan Type E / Kelas E

Mungkin banyak yang beranggapan bahwa kelas E berarti levelnya terendah dari kelas A. Kenyataannya rumah sakit type E merupakan rumah sakit yang memberikan pelayanan khusus terkait penyakit yang diderita oleh pasien. Rumah sakit ini hanya memberikan pelayanan untuk sakit yang spesifik seperti Rumah Sakit Mata, Rumah Sakit Otak, Rumah Sakit Jiwa, Rumah Sakit Jantung dan pelayanan khusus lainnya.

Jika anda mengidap penyakit khusus yang membutuhkan pelayanan khusus, maka ajukanlah rekomendasi ke Rumah Sakit Type E ini.

Fasilitas Kesehatan Type D / Kelas D

Fasilitas Kesehatan Type D adalah jenis faskes yang memberikan pelayanan umum namun sebatas pencegahan sementara setelah mendapat rujukan dari Puskesmas. Pelayanan yang diberikan oleh faskes ini terbatas pada pelayanan umum seperti Poli Umum, Poli Kesehatan Ibu dan Anak (KIA), Poli Gigi dan Konsultasi Gizi.

Fasilitas dan peralatan yang dimiliki pun sebatas pantauan dan indikasi. Bagi anda yang memiliki penyakit ringan dan membutuhkan pelayanan cepat, bisa mengajukan rekomendasi ke rumah sakit type D ini.

Fasilitas Kesehatan Type C / Kelas C

Fasilitas Kesehatan type C ini biasanya mencakup satu area tingkat kabupaten. Dimana pelayanan yang diberikan sudah cukup memadai dengan tenaga medis yang cukup banyak. Namun karena cakupannya luas, rumah sakit iniĀ  sangat ramai. Di Faskes ini, pelayanan kesehatan yang diberikan cukup banyak seperti Poli Umum, Poli KIA, Poli Gigi, Poli Paru, Poli Penyakit Dalam, dan pelayanan kesehatan yang umum ditemukan di rumah sakit besar.

Jika anda berniat mengajukan rujukan ke rumah sakit type ini, saran terbaik kami adalah siapkan diri anda untuk mengantri pagi-pagi.

Fasilitas Kesehatan Type B / Kelas B

Rumah sakit ini menjadi rujukan dari faskes type C untuk pegawai pemerintahan / PNS provinsi. Faskes ini dikenal dengan nama lain Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD). Jadi bisa dibayangkan bagaimana dokter dan tenaga medis yang bekerja disini, pasti catatan penanganan medisnya tidak perlu diragukan lagi.

Fasilitas Kesehatan Type A / Kelas A

Faskes atau Rumah Sakit dengan Type A ini merupakan rujukan teratas yang bisa kita dapatkan ketika sakit. Biasanya rumah sakit ini merupakan rumah sakit dengan catatan rekam medis terbaik di Negara. Mungkin anda sering mendengar nama Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM)? Ya, ini adalah salah satu rumah sakit rujukan pusat karena kelengkapan peralatan dan tenaga medis dari penyakit umum hingga penyakit khusus.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *