5 Tips Menjaga Kehamilan Untuk Ibu Yang Bekerja

Bekerja saat hamil,tidak masalah selama ibu tau batasan

Memiliki momongan merupakan impian semua wanita yang sudah menikah. Selain untuk melanjutkan keturunan, memiliki anak merupakan kebahagiaan yang tidak bisa digantikan dengan apapun. Bagi mereka yang sudah menikah pasti akan melakukan berbagai macam cara agar cepat mendapat momongan, dan setelah dinyatakan hamil oleh dokter, pasti akan melakukan segala macam cara untuk melindungi sang calon bayi hingga lahir ke dunia.

Hal yang paling ditakuti oleh para ibu muda atau ibu yang baru pertama kali hamil adalah keguguran, karena resiko keguguran besar terjadi apalagi jika ditambah ketika sang ibu aktif bekerja. Janin yang belum melekat sempurna pada rahim yang baru pertama kali mengalami kehamilan memiliki resiko tinggi, sehingga perlu dijaga baik-baik. Bagi ibu yang masih baru hamil memang tidak disarankan untuk bekerja saat hamil pertama, namun jika harus maka perlu melakukan beberapa hal agar kesehatan dan keselamatan ibu serta janin yang dikandung tetap terjaga.

Berikut tim ebookkesehatan.com merangkum tips yang bisa ibu terapkan agar menjaga janin tetap pada tempatnya hingga waktunya lahir, simak berikut ini.

Beritahu Perusahaan dan Perhatikan Area Kerja

Beritahu se segera mungkin manager atau bagian HR atau kepala supervisor terkait kehamilan. Perusahaan pasti akan mempertimbangkan terkait keselamatan setiap pekerjanya. Dengan memberitahu perusahaan, ibu baru saja menyelamatkan diri anda dan bayi secara bersamaan.

Perusahaan akan menentukan jam dan porsi kerja anda agar tidak terlalu memberatkan selama masa kehamilan. Ditambah perusahaan juga akan memberikan rekomendasi terkait tempat kerja anda agar tidak membahayakan kesehatan, seperti pemindahan posisi dekat dengan akses lift dan sebagainya sehingga anda merasa nyaman.

Kurangi Penggunaan Heels

Ketika sudah dinyatakan hamil oleh dokter, segera simpan rapat-rapat sepatu berhak tinggi anda. Penggunaan sepatu hak tinggi dapat menyebabkan peregangan otot-otot di daerah pinggang yang mengakibatkan Ibu akan lebih sering mengeluhkan rasa sakit dan pegal di daerah pinggang. Rasa sakit ini disebabkan pada saat hamil, terjadi perubahan sumbu tubuh, dimana tubuh akan cenderung condong ke depan, sehingga ibu hamil berusaha menegakkan tubuh dengan cara meregangkan otot pinggang dan punggung.

Pada kondisi normal, penggunaan hak atau heels bertujuan menarik otot tubuh agar lebih jenjang dan tegak, bayangkan jika ibu hamil menggunaan heels pada masa ini, tentu peregangan otot di daerah pinggang dan punggung akan semakin bertambah.

Cukupi kebutuhan vitamin dan nutrisi awal kehamilan

Pada awal-awal kehamilan dibutuhkan vitamin dan mineral terutama asam folat dan B Complex. Asam folat terbukti klinis mampu mencegah keguguran pada masa awal atau selama kehamilan. Selain itu asam folat atau yang biasa disebut sebagai vitamin B9 merupakan nutrisi yang penting pada awal pembentukan janin. Dengan rajin mengkonsumsi asam folat, janin akan terhindar dari cacat fisik pada saat masa perkembangannya.

Asam folat juga merupakan salah satu zat yang dapat membantu mencegah terjadinya penyakit jantung. Kondisi ibu hamil merupakan salah satu kondisi mudah mengalami serangan jantung apabila tidak memperoleh asupan asam folat yang cukup.

Baca Penyakit Jantung Bawaan Dan Penyebabnya

Perbanyak istirahat di sela-sela aktivitas anda

Sesibuk apapun bekerja, selingkan waktu untuk meregangkan tubuh anda setiap 15 menit atau 30 menit sekali. Bergerak dapat mencegah anda terkena kram dan menjaga aliran darah lancar ke seluruh tubuh terutama janin yang sedang anda bawa. Jangan lakukan gerakan-gerakan yang justru akan membuat anda cepat lelah dan berakibat fatal.

Gerakan yang bisa anda lakukan pada saat duduk antara lain mengangkat kaki atau meluruskan kaki dengan bantuan kursi lain, berdiri dari posisi anda duduk, berjalan ke lokasi lain selama dalam satu ruangan.

Gunakan Pakaian yang Nyaman

Pada saat hamil anda akan menjadi sangat sensitif, bahkan sebuah gesekan pada kulit bisa berakibat ruam. Dan dari ruam tersebut akan masuk bakteri yang bisa membahayakan diri akibat menurunnya daya tahan tubuh. Gunakanlah pakaian yang bisa melindungi diri anda, jangan menggunakan bahan yang terlalu panas dan menyebabkan anda tidak nyaman. Kenyamanan juga memberikan dampak terhadap psikologis yang berpengaruh terhadap kondisi janin yang anda kandung. Sebisa mungkin kurangi stress pada awal-awal kehamilan hingga masa melahirkan nanti.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *