4 Makanan Yang Baik Untuk Kesehatan Paru-Paru

Paru-paru yang sehat adalah aset yang berharga

Salah satu kelebihan yang tuhan anugerahkan kepada kita adalah melimpahnya udara. Kita bisa bernafas dengan bebas menggunakan paru-paru, merasakan setiap kesegaran yang melintas dari hidung kita tanpa harus menggunakan alat bantu apapun. Selain itu, bernafas merupakan kegiatan yang menopang kerja setiap organ tubuh terutama otak, yang membutuhkan oksigen untuk tetap bisa bekerja secara maksimal.

Agar kenikmatan ini bisa kita terus rasakan, alangkah baiknya kita menjaga organ yang berfungsi untuk menyuplai oksigen ke seluruh tubuh, yaitu paru-paru. Paru-paru yang sehat bisa dijaga dengan selalu menerapkan olah raga secara teratur dan menghindari keracunan udara yang mengakibatkan rusaknya organ vital tersebut. Selain olah raga, menjaga paru-paru tetap sehat juga bisa diperoleh dengan mengkonsumsi makanan yang memiliki nutrisi untuk menjaga paru-paru tetap sehat.

Berikut tip ebookkesehatan.com menyusun 4 macam makanan yang bisa kamu konsumsi untuk menjaga paru-paru tetap sehat, yuk disimak.

Omega 3

Selain untuk meningkatkan kecerdasan, omega 3 juga bisa menjaga kelembaban dalam paru-paru kita yang memang memiliki lendir. Studi menunjukkan, pemberian makanan yang kaya omega-3 pada penderita penyakit gangguan paru-paru kronik (Chronic Obstructive Pulmonary Diseases/COPD) bisa memperbaiki fungsi paru-paru penderita penyakit tersebut. Hal itu ditunjukkan dengan adanya penurunan serum, tingkat produksi lendir, serta perbaikan gejala pada penderita COPD.

Omega-3 dapat anda peroleh dari protein ikan, seperti salmon, makarel, tuna atau daging merah. Anjuran tim kesehatan untuk menjaga paru-paru anda tetap sehat adalah dengan mengkonsumsi Omega-3 dalam kondisi segar banyak 3 kali dalam waktu seminggu.

Kedelai

Selain protein dari ikan dan daging, omega 3 juga bisa diperoleh dari kacang-kacangan seperti kedelai. Mengkonsumsi kedelai mampu meningkatkan elastisitas dan membersihkan flek pada paru-paru kita. Mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung banyak kedelai dapat memperbaiki fungsi paru-paru, dan mengurangi serangan penyakit sesak napas kronis. Studi yang dilakukan di Jepang, yang dipimpin Fumi Hirayama, meneliti 300 pasien sesak napas dan 340 orang sehat menyangkut konsumsi kedelai. Hasilnya, mereka yang mengonsumsi produk-produk yang mengandung kedelai memiliki keterkaitan dengan membaiknya fungsi paru-paru, dan turunnya risiko terkena sesak napas.

Fumi Hirayama mengatakan, “Setelah diteliti, flavonoi yang terdapat dalam kedelai bertindak sebagai anti-peradangan pada paru-paru, serta dapat melindungi paru-paru dari nikotin yang menyebabkan kanker bagi para perokok. ā€¯Selain baik untuk kesehatan paru-paru, kedelai juga bermanfaat dalam menurunkan kolesterol, serta mengatasi gejala menopause.

Jeruk Nipis

Selain untuk meredakan batuk, jeruk nipis juga bisa menurunkan kadar nikotin yang terendap dalam paru-paru mereka yang termasuk perokok aktif. Beberapa studi menyebutkan bahwa perokok yang rajin mengkonsumsi air perasan jeruk nipis mampu mengurangi kadar nikotin dalam paru-paru mereka hingga 70.65%.

Namun karena kandungan asam sitratnya yang cukup tinggi, menjadi catatan tersendiri bagi kesehatan organ tubuh seperti lambung. Sehingga mengkonsumsi air perasan ini tidak bisa dilakukan bagi mereka yang memiliki riwayat maagh kronis.

Antioksidan

Tak perlu diragukan lagi bahwa anti oksidan adalah senyawa yang mampu membantu regenerasi sel dalam tubuh lebih cepat. Sangat di rekomendasikan untuk menjaga paru-paru anda tetap sehat adalah dengan rajin mengkonsumsi antioksidan seperti apel dan brokoli. Bahkan orang yang mengkonsumsi apel dan brokoli lebih dari 5 buah dalam waktu seminggu memiliki paru-paru yang lebih sehat dari mereka yang tidak mengkonsumsi makanan tersebut.

Demikian adalah makanan-makanan yang bisa menjaga paru-paru anda tetap sehat. Mengkonsumsi makanan bersih juga bisa membantu kinerja paru-paru anda tetap terjaga.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *